Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Ternate   Klik Untuk Mendengarkan Teks Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Ternate Pendukung Pengguna Difabel

Sejarah Pengadilan Negeri

page

Sejarah Pengadilan

Berikut adalah penjelasan mengenai Sejarah Pengadilan Negeri Ternate

 

KANTOR BARU

 

Pengadilan Negeri Klas IB Ternate sebelum perang dunia II pada jaman penjajahan bangsa belanda, hanya dikenal satu pengadilan. Pengadilan ini dalam fungsinya mengadili dan memutuskan perkara dibagi menjadi 3 golongan yaitu :

1. Residentie Gerahit : Untuk mengadili orang
2. Landraad : Untuk mengadili orang-orang bumi putra yang bertempat tinggal pada batas tanah goverment
3. Hijkaraat : Untuk mengadili orang-orang Kesultanan yang bertempat tinggal di batas tanah swapraja

Sesudah kedaulatan, yaitu pada tahun 1951 barulah pengadilan ini dirubah namanya menjadi Pengadilan Negeri Ternate yang diketuai oleh J. Awui. Pada saat itu gedung Pengadilan Negeri Ternate masih bergabung dengan kantor Bupati Maluku Utara. Baru pada tahun 1974 dibangun gedung Pengadilan Negeri Ternate dan diresmikan pemakaiannya oleh J.C.A. Rompies. Ketua Pengadilan Negeri Ternate yang kedua atas nama Menteri Kehakiman RI tahun 1975.

Pada tahun 2013 Pengadilan Negeri Ternate diberikan anggaran untuk pembangunan Gedung baru dan anggaran yang diberikan untuk pembangunan tersebut dalam 3 (tiga) tahapan, dan selesai dibangun pada tahun 2015 dan ditempati pada tahun 2016. Pengadilan Negeri Ternate berada di Jl.Gelora Kieraha, Kelurahan Stadion, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Pengadilan Negeri Ternate sebagai unit kerja di lingkungan Mahkamah Agung RI wajib menjalankan dan mewujudkan visi dan misi Mahkamah Agung RI yang telah juga tercermin secara jelas dalam visi dan misi Pengadilan Negeri Ternate. Adapun visi Pengadilan Negeri Ternate yakni Terwujudnya Peradilan Yang Agung di Pengadilan Negeri Ternate"

Sedangkan misi dari Pengadilan Negeri Ternate adalah:

  1. Menjaga kemandirian Pengadilan Negeri Ternate
  2. Memberikan Pelayanan Hukum Yang Berkeadilan
  3. Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan Pengadilan Negeri Ternate
  4. Meningkatkan Kredibilitas dan Transparansi Pengadilan Negeri Ternate.

Melaksanakan kekuasaan kehakiman yang mandiri, tidak memihak dan transparan.

 

    Klik Untuk Mendengarkan Teks     Pengadilan Negeri Klas IB Ternate sebelum perang dunia II pada jaman penjajahan bangsa belanda, hanya dikenal satu pengadilan. Pengadilan ini dalam fungsinya mengadili dan memutuskan perkara dibagi menjadi 3 golongan yaitu : 1. Residentie Gerahit : Untuk mengadili orang 2. Landraad : Untuk mengadili orang-orang bumi putra yang bertempat tinggal pada batas tanah goverment 3. Hijkaraat : Untuk mengadili orang-orang Kesultanan yang bertempat tinggal di batas tanah swapraja Sesudah kedaulatan, yaitu pada tahun 1951 barulah pengadilan ini dirubah namanya menjadi Pengadilan Negeri Ternate yang diketuai oleh J. Awui. Pada saat itu gedung Pengadilan Negeri Ternate masih bergabung dengan kantor Bupati Maluku Utara. Baru pada tahun 1974 dibangun gedung Pengadilan Negeri Ternate dan diresmikan pemakaiannya oleh J.C.A. Rompies. Ketua Pengadilan Negeri Ternate yang kedua atas nama Menteri Kehakiman RI tahun 1975. Pada tahun 2013 Pengadilan Negeri Ternate diberikan anggaran untuk pembangunan Gedung baru dan anggaran yang diberikan untuk pembangunan tersebut dalam 3 (tiga) tahapan, dan selesai dibangun pada tahun 2015 dan ditempati pada tahun 2016. Pengadilan Negeri Ternate berada di Jl.Gelora Kieraha, Kelurahan Stadion, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Pengadilan Negeri Ternate sebagai unit kerja di lingkungan Mahkamah Agung RI wajib menjalankan dan mewujudkan visi dan misi Mahkamah Agung RI yang telah juga tercermin secara jelas dalam visi dan misi Pengadilan Negeri Ternate. Adapun visi Pengadilan Negeri Ternate yakni “Terwujudnya Peradilan Yang Agung di Pengadilan Negeri Ternate Sedangkan misi dari Pengadilan Negeri Ternate adalah: Menjaga kemandirian Pengadilan Negeri Ternate Memberikan Pelayanan Hukum Yang Berkeadilan Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan Pengadilan Negeri Ternate Meningkatkan Kredibilitas dan Transparansi Pengadilan Negeri Ternate. Melaksanakan kekuasaan kehakiman yang mandiri, tidak memihak dan transparan.     Pendukung Pengguna Difabel

 

 

Klik Untuk Mendengarkan Teks Pendukung Untuk Pengguna Difabel